Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Posted on
Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Resmi Piala Dunia 2010 – Piala Dunia 2010 merupakan yang pertama di benua Afrika, lebih tepatnya di Afrika Selatan. Saat itu, banyak momen menarik dan bersejarah yang terekam dalam Kejuaraan Dunia 2010.

Acara tersebut juga menampilkan banyak hal unik yang menambah kejayaan Piala Dunia Afrika Selatan. Seperti Paul, gurita keberuntungan, dan Vuvuzela, alat musik tiup terompet khas Afrika Selatan yang bergema di setiap pertandingan Piala Dunia.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Namun, ada satu yang cukup kontroversial dan mungkin paling berkesan. Ya, menggunakan bola adidas Jabulani. Saat itu, bola ini dibenci oleh penjaga gawang.

Bola Resmi Piala Dunia Dari Masa Ke Masa

Nah, sebelum kita membahas tentang kontroversi adidas Jabulani, yuk kenali lebih jauh tentang bola adidas Jabulani ini. Bola yang resmi dihadirkan Adidas pada 4 Desember 2009.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Sebagai bola resmi selama turnamen, Jabulani dirancang dengan merek tiga garis khas olahraga tersebut, dan dibuat khusus untuk Piala Dunia 2010.

Hal-hal yang dapat dilakukan pria ini dengan adidas Jabulani adalah ilegal di 78 dari 195 negara di seluruh dunia pic.twitter.com/7GS0Ybjt6h — James Robinson (@JamesTeeRob) 7 Agustus 2019

Bola Resmi Piala Dunia 2010

A.c. Milan C.f.pachuca 2011 Afc Piala Asia 2010 Pemain Sepak Bola Piala Dunia Fifa, Honda Sh, Peralatan Olahraga, Jersey, Olahraga Png

Nama Jabulani sendiri berasal dari bahasa bantu IsiZulu. IsiZulu adalah salah satu dari sebelas bahasa resmi di Afrika Selatan. Hampir 25 persen orang Afrika Selatan berbicara bahasa ini. Secara harfiah, Jabulani berarti “merayakan”.

Adidas Jabulani hanya terdiri dari delapan panel 3D yang dijahit dengan baik. Jabulani mengklaim itu adalah tarian paling bulat yang pernah ada. Ini bulat sempurna dan bahkan lebih akurat dari bola sebelumnya.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Teknologi “Grip’n’Groove” Adidas yang baru dikembangkan memberikan sensasi yang memungkinkan bola terbang lebih stabil dan memiliki cengkeraman sempurna di segala kondisi.

Gelinding Kritik Bola Piala Dunia 2018

Jabulani juga memiliki desain yang unik, identik dengan angka sebelas. Adidas memakai sebelas warna berbeda dalam livery Jabulani, yang merupakan bola Adidas kesebelas yang digunakan di Piala Dunia.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Sebelas warna berbeda mewakili sebelas pemain di setiap tim, sebelas bahasa resmi Afrika Selatan dan sebelas suku yang ada di Afrika Selatan. Ini menjadikan negara ini salah satu negara paling beragam secara etnologis di benua Afrika.

Meski Jabulani berarti “merayakan”, hal itu tidak begitu dirasakan sebagian pemain di Piala Dunia 2010. Hal ini karena banyak pemain, terutama penjaga gawang, sering mengeluh bahwa bola Jabulani terlalu ringan dan cenderung bergerak liar.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Ilmuwan Nasa Juga Kritik Jabulani

Dalam produksinya, adidas telah melibatkan banyak pemain dari seluruh dunia dalam proses pengembangan dan pengujian tari Jabulani. Iker Casillas selaku penjaga gawang sekaligus kapten timnas Spanyol mengatakan saat itu bola Jabulani seperti bola voli pantai. Sementara itu, Gianluigi Buffon dan Julio Cesar juga mengaku sedikit kecewa dengan bola resmi Piala Dunia 2010. Mereka tampak kesulitan menebak arah belakang bola.

Siapa pemain terbaik di tim Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010? pic.twitter.com/djZFlOdjrk — GOAL Indonesia (@GOAL_ID) 13 Juni 2020

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Sementara itu, Fabio Capello yang saat itu masih menjadi manajer Inggris menilai Jabulani merupakan bola terburuk yang pernah digunakan dalam turnamen empat tahunan bergengsi tersebut. Penilaian Fabio Capello muncul setelah kiper Inggris timnya, Robert Green, melakukan kesalahan saat melawan Amerika Serikat.

Harga Piala Dunia 2010 Terbaru September 2022 |biggo Indonesia

Seperti yang dikeluhkan para pemain, terutama penjaga gawang, fungsi Grip’n’Groove Adidas Jabulani yang diyakini bisa meningkatkan akurasi bola masih dipertanyakan.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Setelah semua keluhan ini, beberapa ilmuwan Prancis juga bertanya-tanya ada apa dengan Jabulani. Mereka melakukan riset untuk menemukan akar permasalahan Jabulani. Para ahli dari Institute of Movement Sciences di Marseille telah sampai pada suatu kesimpulan.

Jahitan Jabulani di bagian dalam untuk membuat bola terlihat bulat sempurna sebenarnya adalah akar dari masalah ini. Karena bentuknya terlalu bulat, kontak bola dengan kaki berkurang, sehingga tidak bisa terbang lurus dengan baik.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Mario Götze Piala Dunia Fifa 2014 Piala Dunia 2018 Piala Dunia Fifa 2010 Tim Sepak Bola Nasional Jerman, Sepak Bola, Peralatan Olahraga, Jersey, Sepatu Png

Saya tidak menyangka masalah Jabulani yang penuh dengan disabilitas ini bisa dianggap serius. Bahkan Badan Antariksa Amerika Serikat atau yang sering kita kenal dengan nama NASA juga telah memberikan pendapatnya tentang adidas jabulani tersebut.

Beberapa ahli dari Ames Research Center NASA mempresentasikan analisis aerodinamis mereka terhadap Jabulani. Akibatnya, arah Jabulani akan sulit diprediksi saat melaju dengan kecepatan 44 mph. Ilmuwan NASA mengemukakan bahwa alasannya tak lain adalah bobot bom yang terlalu ringan. Jabulani yang terdaftar beratnya hanya 440 gram.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

|TEC| Bola #Brazuca Piala Dunia FIFA Brasil 2014™, adalah #Jabulani terbaik, menurut #NASA. pic.twitter.com/T9IduYrC5h — El Noticiero (@elnoticierotc) 14 Juni 2014

Riwayat Di Kulit Bundar Di Piala Dunia: Dari Sekedar Kulit Biasa Hingga Punya Kecerdasan Buatan

Akibatnya, dalam praktiknya, tarian Jabulani tidak berkembang dengan baik. Bola bergerak sedikit lebih jauh dari yang diharapkan dan memiliki gerakan yang terlihat seperti bola melayang dan ke arah yang tidak terduga. Ini akan sulit bagi kiper dan striker.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Nah, selain tari Jabulani yang kontroversial, masyarakat juga menyukai Jabulani. Mereka menyukai intrik drama Jabulani yang dihadirkan di Piala Dunia 2010. SKOR.id – Bola resmi menjadi salah satu fitur yang hadir dan menjadi poin menarik di setiap Piala Dunia.

Sejak pertama kali pada tahun 1930 di Uruguay, Piala Dunia menggunakan model bola yang berbeda.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Evolusi Teknologi Canggih Di Bola Piala Dunia Dari Masa Ke Masa

Selain T-Model buatan Uruguay, final Piala Dunia 1930 juga menggunakan bola bernama Tiento yang didatangkan dari Argentina.

Bola ini terdiri dari 13 panel poligonal yang telah dipotong dan disusun sempurna dengan jahitan tangan, sebuah inovasi bola yang menggunakan 12 panel pada saat itu.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Allen Piala Dunia 1938 mirip dengan Federal 102 karena juga menggunakan 13 panel dan juga benang katun putih.

Negara Terkaya Di Piala Dunia 2018

Jika ujung tali bola tidak tepat, maka bola belum menjadi bulat sempurna, sehingga mempengaruhi pergerakan bola.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Setelah jeda karena Perang Dunia II, Piala Dunia akhirnya kembali ke Brasil dan menampilkan Duplo T sebagai bola resmi.

Duplo T terdiri dari 12 panel identik, tetapi panel bulat ini lebih melengkung. Bola ini berwarna coklat dan selalu menggunakan jahitan tangan.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Piala Konfederasi Fifa 2009

FIFA mengizinkan pabrikan Superball untuk membubuhkan tanda pabrikan pada bola yang digunakan di Piala Dunia 1950, serta pada bola yang berisi katup saluran masuk udara pertama.

Piala Dunia 1954, menggunakan Juara Dunia Swiss, terdiri dari 18 panel dengan tepi zigzag yang terjalin sempurna.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola ini berteknologi maju, karena telah diberi lapisan lilin tahan air yang membuat bola lebih tahan terhadap air.

Banjarmasin Post Minggu 5 Juni 2016 By Banjarmasin Post

Desain Crack disempurnakan dan disempurnakan pada Piala Dunia 1962 di Chili, menggunakan 18 panel dengan tiga bentuk berbeda dari poligon tidak beraturan: segi enam, persegi panjang dan segi enam melengkung.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Retak memiliki katup lateks baru, sehingga udara tertahan di dalam bola lebih lama dan bentuk bola lebih terjaga. Namun, lapisan cat pada bola ini tidak bertahan lama.

Piala Dunia 1966 di Inggris menghasilkan Challenge 4-Star yang diproduksi oleh Slazenger. Bola ini terbuat dari kulit berkualitas tinggi dan sepenuhnya dijahit dengan tangan.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Bola Piala Dunia, Beberapa Diantaranya Dibuat Di Indonesia

Bola ini terdiri dari 25 panel persegi panjang yang digabungkan sangat mirip dengan bola tahun 1958, hanya berbeda di panel katup.

Sejarah dibuat pada Piala Dunia 1970 di Meksiko ketika Adidas secara resmi menyediakan bola Telstar resmi. Juga, Telstar menjadi bola hitam putih pertama yang digunakan.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Selain itu, Telstar juga menjadi bola pertama yang terdiri dari 32 panel (20 segi enam putih biasa dan 12 segi lima putih biasa).

Komputer Prediksi Pemenang Piala Dunia 2018

Bola Piala Dunia 1974 di Jerman pada dasarnya tidak berubah dari desain Piala Dunia sebelumnya, tetapi itu merupakan bukti keberhasilan Telstar.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Pada Piala Dunia 1978, Argentina memiliki tarian resmi yang disebut Adidas Tango, yang kemudian terus digunakan di berbagai acara hingga acara EURO 2000.

Desainnya terdiri dari 20 segitiga hitam melengkung, masing-masing dicetak pada permukaan putih dalam panel heksagonal.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola Resmi Berita

Pada pesta Piala Dunia 1986 di Meksiko, adidas menghormati negara tuan rumah dengan nama dan motif yang diasosiasikan dengan mereka.

Disebut Azteca, bola ini terbuat dari bahan sintetis sehingga bola segera pulih bentuknya setelah terkena benturan, tahan lama dan tahan terhadap kondisi basah.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Seperti versi Tango sebelumnya, ia memiliki nuansa tuan rumah dari Piala Dunia 1990 di Italia, dengan dekorasi berbentuk singa Etruria.

Gol Gol Terbaik

Meski kedap air karena berlapis-lapis, bola ini disalahkan karena minimnya gol yang tercipta selama Piala Dunia 1990.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Questra, atau Quest for the Stars, menghormati peringatan 25 tahun misi Apollo 11 Amerika Serikat, ketika manusia menginjakkan kaki di bulan.

Terbuat dari lima bahan berbeda, bola ini adalah bola hitam putih terakhir yang menampilkan panel Tango klasik di Piala Dunia.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Membanggakan, Piala Dunia 2022 Gunakan Bola Dari Indonesia

Tiga warna ini menampilkan warna putih, merah dan biru yang merupakan warna bendera Prancis, serta motif ayam jago sebagai simbol kebanggaannya.

Tarian Piala Dunia yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang dikenal sebagai tarian transisi modern dan klasik dalam acara ini.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Meski masih memiliki 32 panel, bola ini tidak lagi menggunakan panel Tango yang terkenal. Bola ini telah meningkatkan kualitas bahan dan terdiri dari beberapa lapisan, tetapi lebih tipis.

Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 Qatar Dirilis

Saat Piala Dunia digelar di negara Adidas, Jerman, mereka meluncurkan bola baru yang hanya terdiri dari 14 panel. Diklaim bahwa pengurangan panel ini meningkatkan akurasi bidikan.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola ini memiliki 11 warna yang mewakili 11 pemain di lapangan, 11 bahasa dan 11 koloni di Afrika Selatan.

Belajar dari masalah yang dihadapi Jabulani, Adidas melakukan banyak pengujian dan persiapan sebelum menciptakan Brazuca untuk Piala Dunia di Brasil.

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Belajar Dari Kesalahan Masa Lalu, Bola Piala Dunia 2014 Dianggap Sebagai Mahakarya Luar Biasa

Nama Brazuca adalah hasil voting penggemar, yang dapat diartikan sebagai cara hidup orang Brasil. Bola ini memiliki enam panel yang mewakili gelang harapan warna-warni tradisional yang dikenakan di negara ini.

Telstar 18 model di Piala Dunia ini di Rusia

Bola Resmi Piala Dunia 2010

Bola resmi piala dunia 2022, nama bola piala dunia 2010, bola piala dunia 2010, bola resmi piala dunia, tabel piala dunia 2010, bola resmi piala dunia 2014, bola resmi piala dunia fifa 2010, piala dunia 2010, pemenang piala dunia 2010, lagu resmi piala dunia 2010, bola resmi piala dunia 2018, drawing piala dunia 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published.